Ingin Mobil Irit Bahan Bakar, Berikut Tipsnya

Untuk membuat kendaraan anda irit bahan bakar tentunya di perlukan beberapa hal untuk mencapainya. Salah satunya adalah tehnik berkendara eco driving, namun ini saja belum cukup

Ada empat hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda mengemudi menggunakan Teknik atau metode eco driving. Hal ini dikarenakan antara persiapan dengan Teknik mengemudi saling berkaitan antara satu sama lain sehingga menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan, antara lain yaitu:

Tekanan ban

Cara agar mobil irit bensin selanjutnya adalah dengan mengecek tekanan ban. Ban merupakan organ vital yang sangat penting dalam mobil. Ban yang paling baik tentunya mempunyai diameter yang telah ditentukan. Oleh Karena itu ketika diameter ban mengecil atau kempes, maka ban akan menyeret dan tapaknya akan lebih banyak menempel di aspal. Kondisi ini tentu akan menambah beban mesin. Sebaliknya, jika tekanan ban terlalu tinggi menyebabkan diameter ban menjadi semakin besar. Kondisi ini tidak akan cocok dengan drivetrain.

Hindari overload

Sebisa mungkin kurangilah beban yang dapat menghambat laju mobil. Semakin banyak barang tidak penting yang Anda bawa, maka semakin boros pula pemakaian bahan bakarnya.

Servis rutin

Lakukanlah servis secara rutin, sebab semua komponen mobil termasuk oli mempunyai umur. Jika telah mencapai batas maksimal, maka komponen dan oli tersebut harus segera diganti agar performa mesin dapat terus stabil.

Bahan bakar

Nah untuk  hal yang satu ini adalah aspek paling penting untuk mencapai penggunakan bahan bakar yang irit. Selalu sesuaikan bahan bakar yang Anda gunakan dengan rasio kompresi. Misalnya, jika kebutuhan mesin mobil Anda RON92, namun Anda justru menggunakan RON88, maka kinerja mesin tidak akan berjalan maksimal, under power. Hal ini akan membuat Anda memasukkan gas lebih dalam. Kondisi ini akan membuat mobil berjalan dengan tidak efisien.

Tinggalkan komentar

Share
Share